FAQ

Q1. Bagaimana cara mengetahui persyaratan margin untuk kontrak yang ingin saya perdagangkan?
Mohon hubungi Phillip Futures pada (62 21) 5790 6525 atau email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. pada jam operasional untuk mengetahui persyaratan margin dan daftar margin kontrak (margin list) secara lebih terperinci. 
Q2. Bagaimana dengan jam operasional Phillip Futures? 
Phillip Futures beroperasi dari hari Senin hingga Jumat pada pukul 09.00 hinga 18.00 WIB. Namun, bagian Dealing kami menyediakan layanan perantara, eksekusi, dan jasa kliring selama 24 jam bahkan pada hari libur nasional.
Q3. Saya baru mengenal Futures / perdagangan berjangka, bagaimana caranya untuk memulai?
Anda dapat mendaftar pada salah satu layanan edukasi gratis Phillip Futures :
Anda pun dapat mengubungi kami pada (62 21) 5790 6525 atau email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. untuk memperoleh informasi lainnya.
Q4. Apa itu Margin Call?
Margin Call terjadi apabila pada penutupan pasar, Equity Nasabah tidak mencukupi untuk memenuhi persyaratan Initial Margin / Maintenance Margin yang dibutuhkan untuk memiliki posisi menginap / overnight position. 
Pada pagi keesokan harinya, kami akan mengabarkan (melalui SMS /WhatsApp/ Telpon) nominal Margin Call kepada Nasabah, dan Nasabah diwajibkan untuk menambah dana minimum sesuai dengan nominal Margin Call, atau dengan melikuidasi posisi sesuai dengan nominal Margin Call. 
Adapun cut off time untuk memenuhi Margin Call adalah pukul 12.00 WIB (T+1 sebelum pukul 12.00 WIB). Apabila setelah cut off time Nasabah tidak melakukan penambahan dana, posisi Nasabah akan dilikuidasi berdasarkan nominal Margin Call dan atas kebijakan perusahaan. Jika Nasabah hanya memenuhi sebagian Margin Call, perusahaan mempunyai hak untuk melikuidasi beberapa posisi Nasabah sesuai dengan Margin Call yang masih ada. Likuidasi ini akan berdasarkan Initial Margin yang mendekati nominal Margin Call. 
Q5. Apabila pasar bergerak menguntungkan saya, apakah nominal Margin Call berkurang?
Dikarenakan pergerakan harian masih berupa floating, Nasabah tetap diwajibkan untuk menambah dana minimum sesuai dengan nominal Margin Call atau dengan likuidasi posisi sesuai dengan nominal Margin Call.
Contoh :
Pada penutupan pasar, Nasabah memiliki Margin Call sebesar $500. Apabila keesokan harinya pasar bergerak menguntungkan Nasabah sehingga posisi Nasabah tidak lagi dalam keadaan defisit, Nasabah akan tetap diminta untuk menambah dana minimum sebesar Margin Call ( $500 ) atau dengan melikuidasi posisi sesuai dengan nominal Margin Call. Hal ini bertujuan untuk melindungi Nasabah dari risiko atas posisi terbuka dan pergerakan pasar.
Q6. Bagaimana proses & cut off time untuk pengajuan withdrawal? 
Nasabah dapat mengajukan withdrawal melalui client portal atau dengan mengirimkan formulir withdrawal yang telah disediakan. Cut off time withdrawal untuk dapat diproses pada hari yang sama adalah sebelum pukul 09.30 WIB. Withdrawal ditiadakan pada hari libur nasional dan libur perbankan.
Apabila pengajuan diterima setelah pukul 09.30 WIB maka withdrawal akan kami proses pada keesokan harinya. Nasabah hanya dapat melakukan withdrawal ke rekening bank yang telah terdaftar di PT Phillip Futures dan rekening tersebut wajib atas nama Nasabah sendiri. Apabila terdapat biaya bank dalam penarikan dana, maka biaya tersebut akan dibebankan kepada Nasabah. 
Q7. Berapa nominal dana yang dapat ditarik/withdraw? 
Benchmark nominal dana yang dapat ditarik oleh Nasabah dilihat berdasarkan sisa dana Nasabah per penutupan pasar dan juga sisa dana Nasabah per saat ini (yang mana yang lebih rendah). 
Contoh : 
Apabila saat penutupan pasar, Nasabah memiliki open posisi dan sisa dana sebesar $1,000. Pada keesokan harinya posisi Nasabah berlawanan dengan pergerakan pasar dan sisa dana per saat ini menjadi $800, sehingga nominal dana yang dapat ditarik oleh Nasabah hari ini adalah maksimal sebesar $800. Tetapi apabila posisi Nasabah searah dengan pergerakan pasar dan sisa dana Nasabah menjadi $1,200, nominal dana yang dapat ditarik oleh Nasabah hari ini adalah maksimal sebesar $1,000. Hal ini bertujuan untuk melindungi Nasabah dari risiko atas posisi terbuka dan pergerakan pasar. 
Q8. Bagaimana kebijakan Low Equity dan Cut Loss? 
Akun Nasabah berada pada kondisi low equity ketika equity Nasabah turun sampai dengan di bawah 50% dari Initial Margin yang dibutuhkan untuk mempertahankan open posisi. Likuidasi posisi Nasabah (Cut Loss), berdasarkan best effort, akan dilakukan ketika equity menyentuh 30% atau kurang dari Initial Margin.
Likuidasi posisi akan dilakukan terhadap seluruh posisi terbuka di akun Nasabah dan atas kebijakan perusahaan. Perusahaan akan berusaha (namun tidak berkewajiban) untuk memberitahu Nasabah ketika akun Nasabah berada pada kondisi low equity.
Untuk mencegah terjadinya likuidasi / cut loss, Nasabah diminta untuk menambah dana atau melikuidasi posisi sehingga equity melebihi Initial Margin yang dibutuhkan. Namun tidak menutup kemungkinan apabila akun Nasabah kembali dinyatakan low equity jika equity Nasabah turun kembali di bawah level 50% meskipun sebelumnya Nasabah sempat menambah dana. Nasabah diminta untuk melakukan penambahan dana sebelum pukul 18.00 WIB untuk dapat diproses pada hari yang sama. 
Informasi penting terkait Likuidasi / Cut Loss :
Ketika akun Nasabah berada pada kondisi low equity, working order untuk likuidasi posisi akan dipasang di akun Nasabah serta login Nasabah akan di-disabled. Likuidasi posisi Nasabah dapat dijalankan dengan berbagai metode, termasuk diantaranya dan jika diperlukan apabila pasar dalam keadaan tutup atau libur, PT Phillip Futures dapat menutup posisi Nasabah dengan kontrak yang serupa (Contoh : Apabila harga Nikkel 225 dari Bursa A tidak tersedia, harga dari kontrak serupa dari Bursa B dapat digunakan).
Monitoring dan likuidasi posisi pada akun Nasabah dilakukan berdasarkan Best Effort. Kegagalan dan/ defisit mungkin dapat terjadi di akun Nasabah setelah likuidasi dilakukan akibat dari kondisi pasar, risiko ini melekat pada trading yang bersifat leverage dan Nasabah bertanggung jawab untuk menyelesaikan defisit di akun Nasabah. PT Phillip Futures, dalam kondisi pasar yang tidak dapat diprediksi sebelumnya dan volatilitas tinggi, dapat menutup posisi Nasabah atas kebijakan perusahaan.
Dengan demikian Nasabah diingatkan untuk mempersiapkan dana yang cukup dan selalu memonitor posisi di akunnya. Ketika keadaan pasar volatile, Nasabah dianjurkan untuk segera menambahkan dana ke akunnya. PT Phillip Futures berhak untuk mengubah ketentuan low equity dan cut loss sesuai dengan profil risiko Nasabah. 
Q9. Mengapa akun saya dikenakan beban bunga ketika secara keseluruhan dana masih mencukupi?
Dikarenakan karakteristik produk, akun trading di Phillip Futures bersifat multi-currency, dan setiap mata uang memiliki saldonya masing-masing. Apabila Nasabah melakukan transaksi pada produk dengan mata uang tertentu (termasuk margin, komisi, serta kerugian) akan dikenakan beban bunga apabila Nasabah tidak memliki saldo pada mata uang tersebut.
PT Phillip Futures berusaha memfasilitasi kebutuhan mata uang Nasabah serta mengelola risiko dengan limitasi mata uang yang ada. Perhitungan bunga berdasarkan hitungan harian, tetapi akan dipotong dari akun Nasabah setiap awal bulan berikutnya. PT Phillip Futures berhak untuk merubah besaran beban bunga dari waktu ke waktu. 
Q10. Apakah saya mendapatkan bunga dari sisa dana di mata uang tertentu pada akun trading? 
Dikarenakan seluruh dana Nasabah ditempatkan pada rekening terpisah Lembaga Kliring, pada saat ini PT Phillip Futures tidak memberikan bunga atas sisa dana di mata uang tertentu pada akun trading Nasabah. Kebijakan ini dapat berubah dari waktu ke waktu. 
Q11. Apa yang dimaksud dengan Auto-Konversi atas defisit mata uang?
Perusahaan umumnya tidak melakukan konversi mata uang tanpa persetujuan Nasabah, namun pengecualian dapat terjadi apabila perusahaan melihat bahwa akun Nasabah dalam keadaan berisiko tinggi terkena overloss akibat fluktuasi mata uang asing. Perusahaan akan mengirimkan notifikasi, apakah Nasabah ingin melakukan konversi atau menambah dana sebelum cut off time. Apabila setelah cut off time Nasabah tidak melakukan konversi maupun penambahan dana, perusahaan akan melakukan konversi pada akun Nasabah.
Evaluasi dan fluktuasi mata uang asing berdasarkan asumsi bahwa fluktuasi harian mata uang sebesar 3%, persentase ini hanya merupakan benchmark dan dapat berubah atas kebijakan perusahaan. Apabila terjadi fluktuasi mata uang yang tinggi sehingga setelah dilakukan konversi terdapat defisit pada akun Nasabah, Nasabah bertanggung jawab untuk menyelesaikan defisit tersebut.